March 18, 2013

Pengertian dan Jenis-Jenis Modal

Modal
Berjalannya suatu usaha tentunya membutuhkan beberapa cara mendapatkan sumber dana atau modal usaha kecil dan menengah sebagai penggerak dan mengembangkan usaha yang dijalankan. Sebelum kita membahas tentang darimana sumber dana dapat didapatkan, mari kita lihat sejenak, 
1)  apa pengertian modal?
2)  jenis-jenis modal?
3)  manfaat modal?
4)  pengertian modal asing dan modal sendiri?
5)  kelebihan & kekurangan dari masing-masing modal?

Pengertian Modal
  • Untuk mendirikan atau menjalankan suatu usaha diperlukan sejumlah modal (uang) dan tenaga (keahlian).
  • Modal dalam bentuk uang diperlukan untuk membiayai segala keperluan usaha;seperti biaya prainvestasi, pengurusan izin, biaya investasi untuk pembelian aktiva tetap, sampai modal kerja.
  • Modal keahlian adalah keahlian dan kemampuan seseorang untuk mengelola atau menjalankan suatu usaha.
Jenis-Jenis Modal
1. Modal investasi
  • Modal Investasi digunakan untuk jangka panjang dan dapat digunakan berulang-ulang, biasanya umurnya lebih dari 1 tahun.
  • Penggunaan modal investasi jangka panjang untuk membeli aktiva tetap seperti tanah, bangunan, mesin-mesin, peralatan, kendaraan, bersumber dari perbankan.
2. Modal Kerja
  • Modal kerja adalah modal yang digunakan untuk membiayai operasional perusahaan pada saat sedang beroperasi.
  • Modal kerja digunakan untuk jangka pendek dan beberapa kali pakai dalam satu proses produksi.
Manfaat Modal
        a)      Mempermudah pendirian perusahaan baru
Salah satu kesulitan pendirian usaha baru adalah adanya kesulitan memperoleh modal. Dengan adanya modal ventura, kendala dapat dihilangkan.
        b)      Membantu perkembangan perusahaan
Perusahaan yang sedang mengadakan ekspansi membutuhkan dana yang besar dan dana ini tak selalu tersedia secara cukup. Modal ventura dapat mengatasi kesulitan ini dengan keikutsertaannya dalam permodalan perusahaan.
        c)       Meningkatkan investasi
Dalam sebuah ekonomi yang sedang berkembang sangat dibutuhkan investasi. Dengan adanya pendirian usaha baru yang dipermudah oleh modal ventura tingkat investasi akan meningkat.
        d)      Memperlancar alih teknologi
Teknologi yang dimiliki perusahaan belum tentu teknologi yang terbaik sementara untuk memperoleh teknologi yang terbaik tersebut dibutuhkan dana yang cukup besar. Modal ventura berfungsi membantu mendapatkan teknologi tersebut dengan memberikan suntikan dana bagi perusahaan tersebut.

Sumber Dana untuk Modal
·         Modal usaha sendiri
Modal yang berasal dari modal sendiri bisa menggunakan tabungan dan asset berharga untuk di jual sebagai modal usaha untuk menunjang berkembangnya suatu usaha yang di jalani.
·         Pinjaman dari lembaga keuangan
Lembaga keuangan di sini maksudnya lembaga BANK dan non BANK yang bergerak simpan pinjam,dengan cara mengajukan permohonan pinjaman dana atau modal sebagai tambahan modal usaha
·         Program Pemerintah
Untuk program sumber modal dari pemerintah tentunya dalam bentuk pinjaman lunak bergulir, ini bisa jadi peluang sebagai sumber modal usaha
·         Perusahaan besar dan perusahaan multi nasional
Perusahaan pemerintah dan swasta tentunya punya angaran tersendiri dalam memberdayakan ekonomi rakyat sekitar yang bertempat perusahaan itu berinvestasi ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan modal usaha secara bergulir
·         Kerja sama
Sistem permodalan kerja sama dalam usaha beberapa tahun terakhir paling banyak di minati pengusaha kecil.Dengan meyakinkan peluang usaha yang dijalankan akan menghasilkan profit di masa mendatang serta bisa berkembang dengan pesat

Pengertian Modal Sendiri & Modal Asing
a)      Modal Sendiri
Modal sendiri adalah modal yang diperoleh dari pemilik perusahaan degan cara mengeluarkan saham. Keuntungan menggunakan modal sendiri untuk membiayai suatu usaha adalah tidak adanya beban biaya bunga, tetapi hanya membayar deviden
b)      Modal Asing
      Modal asing atau modal pinjaman adalah modal yang diperoleh dari pihak luar perusahaan dan diperoleh dari pinjaman. Penggunaan modal pinjaman untuk membiayai suatu usaha akan menimbulkan beban biaya bunga,biaya administrasi,serta biaya provisi dan komisi yang besarnya relatif.

Kelebihan dan kekurangan suatu modal
1)      Modal Sendiri
·         Kelebihan Modal Sendiri:
a)      Tidak ada biaya;bunga atau administrasi.
b)      Tidak tergantung kepada pihak lain.
c)       Tanpa memerlukan persyaratan yang rumit.
d)      Tidak ada keharusan pengembalian modal.
·         Kekurangan Modal Sendiri:
a)      Jumlahnya terbatas.
b)      Perolehan relatif lebih sulit.
c)       Kurang motivasi.
2)      Modal Asing
·         Kelebihan Modal Asing:
a)      Jumlah tidak terbatas.
b)      Motivasi usaha tinggi.
·         Kekurangan Modal Asing:
a)      Dikenakan berbagai biaya;bunga dan administrasi.
b)      Harus dikembalikan.
c)       Beban moral.

4 comments